Iklan

Kesal Pj. Kades Banyumas Sampang di Copot, Warga Ngeluruk Kantor Kecamatan Sampang, Minta Camat Bertanggung Jawab

Jumat, 06 September 2024, September 06, 2024 WIB Last Updated 2024-09-07T06:28:17Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini




SAMPANG | Kabarbangsa.com - Puluhan Warga dan Perangkat Desa Banyumas geruduk Kantor Kecamatan Sampang, Jalan Jaksa Agung Suprapto No 47 Desa Tanggumong - Sampang Madura, Jawa Timur, Jum'at (6/9/2024) pagi.


Kedatangan warga tersebut dipicu karena Pelaksana Harian (Plh) Camat Sampang yang baru dua hari menjabat sudah menandatangani secara sepihak pengajuan pergantian Penjabat (Pj) Desanya tanpa adanya koordinasi dengan perangkat desa dan atau BPD setempat.


Pantauan berbagai media langsung di Kantor Kecamatan Sampang saat warga datang, sangat nampak emosi di wajah warga yang dilampiaskan karena kekecewaan dan kekesalan akibat Plh. Camat Tri Jayadi, SP, M.Si tidak menemui mereka.


"Pak Plh Camat, lagi ada rapat di Surabaya," ujar seorang staf kecamatan beralasan.


Situasi di Desa Banyumas saat dipimpin (Pj) Kepala Desa, Imam Safi'ih dinilai warga setempat sangatlah baik, kondisi begitu aman dan kemajuan desa sangat nampak.


Sehingga dari itu warga dan perangkat desa merasa kecewa kepada Plh. Camat Sampang, yang tanpa kroscek ke bawah melihat langsung desa, namun secara sepihak langsung mengambil keputusan yang justru sangat merugikan dan semakin memperburuk situasi di Desa Banyumas. 


Saat bersama warga di kantor kecamatan, Ketua Badan Perwusyawaratan Desa (BPD) Desa Banyumas, Rolis Sanjaya tegas mengatakan bahwa dirinya dan semua warga merasa kesal kepada Plh. Camat Sampang, yang tanpa adanya urun rembuk dengan perangkat desa, BPD dan Tokoh Masyarakat lainnya terkait proses pengusulan Pergantian Pj. Kepala Desa Banyumas.


"Fungsi BPD untuk menetapkan segala peraturan desa bersama dengan Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi dari masyarakat, karena yang memahami betul kondisi seutuhnya tatanan dan adat istiadat di desa yaitu masyarakat setempat dan tokoh masyarakat," ucapnya.


Ia juga memperingatkan dan menyampaikan pesan kepada Plh. Camat Sampang, Tri Jayadi, sebelum mengambil keputusan seharusnya kroscek kebawah dulu dan jangan asal diganti secara sepihak. Kalau memang dirasa Pj. Kepala Desa Banyumas tidak becus dalam memimpin atau kinerjanya buruk, silakan diganti dan warga Banyumas siap menerima dengan baik. 


"Hari Senin besok, saya bersama warga Desa Banyumas akan datang kembali, seumpanya Pak Camat tidak menyikapi aspirasi masyarakat segera, maka kami akan menetap sampai Pak Tri Jayadi bisa memberi klarifikasi dengan alasan yang logis terkait usulan Pergantian Pj Kades," tegas Ketua BPD tersebut.


Sampai berita ini ditayangkan, masyarakat Desa Banyumas masih menunggu jawaban terkait sekelumit permasalahan yang sebenarnya tidak perlu untuk dipaksakan, dan sekaligus juga mendorong transparansi informasi dari para petinggi birokrasi di Pemerintah Kabupaten Sampang kepada seluruh masyarakat tanpa adanya reka-reka ataupun rekayasa. (Biro Spg)

Komentar

Tampilkan

Terkini