Iklan

koreksi untuk Sang Ajudan Pj Bupati

Senin, 19 Agustus 2024, Agustus 19, 2024 WIB Last Updated 2024-08-19T07:43:09Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 koreksi untuk Sang Ajudan Pj Bupati 



Oleh : A oby kresna. 


Di hari yang sakral untuk bangsa Indonesia pada 17 Agustus 2024 ,di majalengka alhamdulillah telah melaksanakan dan memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke 79 dengan kondusif damai dan Khidmat di hari sabtu 17/8/2024 ,lalu kita Sebentar lagi akan memasuki lingkaran untuk memilih pemimpin dalam pilkada serentak 2024. Tidak keliru jika kita mengatakan bahwa masa depan majalengka berada di tangan pemimpin-pemimpin yang akan kita pilih. 


Pemimpin yang dapat memimpin dengan baik, memberikan keadilan, dan mensejahterakan masyarakat majalengka tidak sekedar basa basi di saat orasi, pemimpin yang benar-benar dirindukan. Namun, menjadi pemimpin yang dirindukan bukanlah sebuah tugas yang mudah. 


Butuh tekad, kerja keras, integritas, dan juga kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan situasi di wilayah majalengka harus menjadi kalkulasi seorang birokrat yang akan di cintai masyarakatnya. 


Untuk menjadi seorang ajudan yang dirindukan, ada beberapa kualitas dan karakteristik yang harus dimiliki. Pertama, seorang ajudan harus memiliki visi yang jelas dan misi yang konkret, harus baik menjadi landasan dalam memberi sikap, sehingga dapat memberikan contoh Tauladan karena menyangkut nama baik atasanya. 


arahan dan visi yang jelas bagi para pengikutnya ataupun awak media yang selalu membidik' Keberhasilan seorang pemimpin akan ditentukan oleh seberapa hebat visi dan misi yang diemban dapat diaplikasikan dan diwujudkan dalam kehidupan masyarakat cermin itu akan terlihat dari seberapa hebatnya sang ajudan memiliki integritas. 


Kedua, integritas menjadi syarat utama bagi seorang ajudan yang dirindukan oleh awak media ,Pemimpin dan ajudan adalah satu paket yang tidak bisa tercerai berai yang memiliki integritas tinggi ,memiliki pola pikir yang jernih dalam setiap tindakan yang diambilnya, Dia selalu berjuang untuk kepentingan umum, bukan hanya untuk kepentingan pribadi hanya semata bela atasan atau kelompok tertentu. Sikap jujur dan terbuka santuy sangat penting dalam mengalihkan jarum kompas, karena visi misi sang atasan untuk membangun kepercayaan dan kehormatan dengan masyarakat dan media media harus terjalin mesra. 


Ketiga, seorang ajudan harus dapat menjadi contoh yang baik bagi para pengikutnya apalagi sudah di hadapkan dan pertanyaan awak media. Seorang ajudan harus menyadari bahwa dia adalah sosok garda depan panutan bagi masyarakat dan harus tampil sebagai sosok yang ajudan dengan baik dan benar. Sebagai contoh, seorang ajudan harus selalu memperlihatkan sikap santun dan hormat kepada siapapun, termasuk kepada mereka yang berada di tingkat bawah. Dalam situasi apapun, seorang ajudan harus tetap tenang dan santai.


Keempat, seorang ajudan harus pandai dalam mengambil keputusan urgent di saat awak media bertanya dengan bijak. Setiap keputusan yang di ambil harus ditentukan dengan matang karena sang ajudan cermin sang atasan melalui refleksi, pengamatan dan juga informasi yang cukup. Seorang ajudan yang baik harus mampu menyeimbangkan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan umum, dan memilih tindakan yang terbaik untuk menyampaikan pesan moral untuk masyarakat.


Kelima, adaptasi pada perubahan situasi kondisi politik di majalengka menjadi kunci penting dalam mengambil sikap seorang ajudan atas nama sang atasan . Seorang ajudan yang dirindukan awak media harus mampu bersikap fleksibel pada perubahan lingkungan sosial, ekonomi dan politik yang terus berkembang saat ini, jangan gegabah mengambil kesimpulan dan bersikap arogan ,kredibilitas Kemampuan adaptasi yang baik akan membantu atasannya untuk mengambil tindakan strategis dan kreatif dalam menghadapi perubahan yang terjadi, jika paham Sang ajudan itu ??. 

Karakteristik dan kualitas yang telah disebutkan di atas dapat menjadi pedoman bagi seorang ajudan untuk menjadi sosok yang dirindukan. Namun, setiap kualitas tersebut tidak dapat terwujud dalam semalam. Butuh proses dan perjuangan yang panjang. Sebuah ajudan harus selalu berusaha meningkatkan kemampuannya melalui pembelajaran, evaluasi diri dan juga memperluas jaringan dalam rangka membangun relasi sosial dan partisipasi masyarakat karana media manapun selalu membidiknya untuk kepentingan publik dan konsumsi politik saat ini.

Tidak hanya itu, penting juga bagi seorang ajudan untuk mendengarkan aspirasi dan keluhan dari masyarakat, serta mampu menjalin dialog yang baik dengan awak media manapun namanya dalam mengambil keputusan. Ajudan yang dirindukan adalah yang selalu ada dan berbaur dengan awak media, tidak menjaga jarak dan selalu terbuka komunikasinya dan selalu melayani sepenuh hati jika jurnalis mengoreksi, kerana tugas pungsi seorang jurnalis hanya bertanya bukan mengintimidasi, ingat itu !! 

Jawab dengan konsisten dan koperatatif kepada para pejabat manapun jika wartawan bertanya. 

Dalam rangka menghasilkan ajudan dan atasan yang dirindukan, seluruh lapisan Awak media harus berperan aktif jangan pilih pilih media mana yang layak ? Besar dan kecil media tetap media undang undang nya sama kode etik nya sama ,hal sangat penting dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara untuk membentuk karakter ajudan dan atasan tersebut adalah media mampu merubah cacing jadi nada'. Seluruh awak media memiliki hak yang sama untuk bersuara dan memberikan masukan yang konstruktif kepada para pemimpin dan ajudan nya . Oleh karena itu, partisipasi aktif dari media dalam memilih pemimpin kedepannya yang berkualitas sangatlah penting dan harus diprioritaskan media sumber kehidupan' berbangsa maju mundurnya, karena media mampu menjungkirkan dunia yang nampak kemilau. 

Ajudan dan atasan yang dirindukan adalah pemimpin yang mampu membawa perubahan dan kesejahteraan bagi awak media yang selalu mengikuti sepak terjang perjuangan seorang pemimpin, berintegritas tinggi, dan pandai dalam mengambil keputusan. Ajudan dan atasan yang baik harus selalu membuka dialog dengan seluruh awak media, serta dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan untuk menuju majalengka lebih baik dan maju. Semoga pemimpin yang akan dipilih dalam pilkada serentak 2024 dapat membawa dan mendukung kemajuan bagi perkembangan media dan kebebasan berekpresi karya karya jurnalis daerah .**.

Redaksi.

Komentar

Tampilkan

Terkini