Iklan

Kirab Maskot Pilkada Serentak Kabupaten Sampang Tahun 2024 Dengan Nuansa Budaya Tradisional Sampang Berlangsung Meriah

Jumat, 09 Agustus 2024, Agustus 09, 2024 WIB Last Updated 2024-08-09T22:42:26Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 *Kirab Maskot Pilkada Serentak Kabupaten Sampang Tahun 2024 Dengan Nuansa Budaya Tradisional Sampang Berlangsung Meriah*






SAMPANG | Kabarbangsa.com - Kemeriahan pagelaran Kirab Maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang sangat tampak terasa.


Hal itu terbukti dari antusiasme masyarakat yang menyaksikan pagelaran tersebut, karena gema Musik Tradisional Madura "Daul Dug-Dug" ikut pula menjadi pelengkap yang tersaji di Kawasan Alun-Alun Trunojoyo Sampang, jalan Wahid Hasyim, Sampang Madura. Jawa Timur, pada Kamis (8/8/2024) malam.


Tak kalah pula, Tarian Tradisional Madura yang diperankan oleh para putri daerah turut menghibur sekaligus juga sebagai penyambutan para tamu, terutama jajaran Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur dan jajaran Komisioner-komisi KPU dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Timur.


Giat yang di selenggarakan KPU Kabupaten Sampang itu merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) KPU Provinsi Jawa Timur Nomor: 309 Tahun 2024 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kirab Maskot Pilkada Serentak Tahun 2024 di Jawa Timur, dalam rangka pelaksanaan tahapan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, serta dalam rangka mendorong peningkatan partisipasi masyarakat sebagai pemilih di Kabupaten Sampang.


Ketua KPU Kabupatem Sampang Aliyanto dalam sambutanya menjelaskan, bahwa Maskot Pilkada Serentak Kabupaten Sampang Tahun 2024 adalah pasangan si "SAKOR" (Sampang Akor) dan "SAMI" (Sampang Milè), dengan memunculkan salah satu buah khas Kabupaten Sampang yaitu buah jambu air atau bahasa maduranya adalah "Klampok". 


“Maskot yang kami ambil ini merupakan hasil dari perlombaan Maskot Kabupaten Sampang, dengan warna hijau asli yang diambil dari warna buah aslinya,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Sampang.


Dan untuk tagline Pilkada Sampang 2024 ini adalah "Akor Salanjhengngah" (Damai Selama-lamanya), dengan maksud agar menjadi pesan, bahwa Pilkada dan Pilgub di Sampang harus menjadi damai dan tentram tanpa adanya konflik.


“Bersama dengan Kirab Maskot Pilkada ini, kami mengajak seluruh masyarakat Sampang untuk berpartisipasi aktif, sekaligus dapat memberikan edukasi kepada masyarakat lainnya, bahwasanya hak pilih itu harus digunakan atau dimanfaatkan dengan baik,” tambah seraya mengajak.


Sementara itu, Ketua KPU Jawa Timur yang hadir diwakili Divisi Perencanaan dan Logistik Miftahur Rozaq menyampaikan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sampang beserta Legislatif yang telah memberikan dukungan fasilitas anggaran pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Sampang.


“Dari mulai awal tahapan sudah ada penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), ini adalah wujud dukungan konkrit yang diberikan Pemkab Sampang kepada KPU Kabupaten Sampang dalam rangka ikut mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024,” ucap Komisioner KPU Jawa Timur ini.


Perlu diketahui, Maskot Pilkada Sampang Tahun 2024 si "SAKOR" dan "SAMI" dan Maskot Pilgub Jawa Timur si "JALIH" secara beriringan berjalan bersama dengan diiringi Musik Tradisional "Daul Dug-Dug" mulai dari Alun-Alun Trunojoyo hingga berakhir di Monumen Trunojoyo Sampang. (Biro Spg)

Komentar

Tampilkan

Terkini